Jumat, 07 Oktober 2011

INSOMNIA

Apa itu Insomnia??

Insomnia (in-SOM-ne-ah) adalah kondisi umum di mana Anda mengalami kesulitan jatuh atau tetap tertidur. Kondisi ini dapat berkisar dari ringan sampai berat, tergantung seberapa sering hal itu terjadi dan untuk berapa lama.
Insomnia dapat menjadi kronis (berkelanjutan) atau yang akut (jangka pendek). Insomnia kronis gejala berarti memiliki minimal 3 malam dalam seminggu selama lebih dari sebulan. Insomnia akut berlangsung selama waktu kurang.
Beberapa orang yang menderita insomnia mungkin memiliki kesulitan tidur. Orang lain mungkin jatuh tertidur dengan mudah tetapi bangun terlalu cepat. Yang lain mungkin mengalami kesulitan dengan kedua jatuh tertidur dan tetap tidur.
Akibatnya, insomnia dapat menyebabkan Anda tidur terlalu sedikit atau memiliki kualitas tidur buruk. Anda mungkin tidak merasa segar ketika Anda bangun.

Ikhtisar

Ada dua jenis insomnia. Jenis yang paling umum adalah disebut insomnia sekunder atau komorbiditas. Jenis insomnia adalah efek samping dari gejala atau beberapa masalah lain.
Lebih dari 8 dari 10 orang yang menderita insomnia diyakini memiliki insomnia sekunder. Kondisi medis tertentu, obat-obatan, gangguan tidur, dan zat ini dapat menyebabkan insomnia sekunder.
Sebaliknya, insomnia primer adalah bukan karena masalah medis, obat-obatan, atau zat lain. Ini adalah gangguan sendiri. Sejumlah perubahan hidup dapat memicu insomnia primer, termasuk tahan lama stres dan gangguan emosional.
Insomnia dapat menyebabkan kantuk di siang hari yang berlebihan dan kurangnya energi. Hal ini juga dapat membuat Anda merasa cemas, depresi, atau mudah tersinggung. Anda mungkin mengalami kesulitan fokus pada tugas-tugas, memberikan perhatian, belajar, dan mengingat. Hal ini dapat mencegah Anda dari melakukan yang terbaik di tempat kerja atau sekolah.
Insomnia juga dapat menyebabkan masalah serius lainnya. Sebagai contoh, Anda mungkin merasa mengantuk saat mengemudi, yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Outlook

Insomnia sekunder sering sembuh tanpa pengobatan atau meningkatkan jika Anda dapat menghentikan nya sebab-terutama jika Anda dapat memperbaiki masalah segera setelah dimulai. Sebagai contoh, jika kafein menyebabkan insomnia Anda, menghentikan atau membatasi asupan zat dapat menyebabkan insomnia Anda pergi.
Perubahan gaya hidup, termasuk kebiasaan tidur yang lebih baik, sering membantu meringankan insomnia akut. Untuk insomnia kronis, dokter anda dapat merekomendasikan jenis konseling kognitif-perilaku yang disebut terapi atau obat-obatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar