Kamis, 26 Desember 2013

Aspek Sosial Desain Dalam Membuat Desain


Mengenai Desain Sosial
Desain sosial memiliki banyak definisi dan istilah untuk tujuan yang sangat berbeda di seluruh dunia. Beberapa definisi yang ada dalam dunia desain dan mengacu pada desain dalam arti tradisional, yang berarti pembentukan produk dan jasa. Definisi lain mengacu pada desain sosial sebagai penciptaan realitas sosial, desain dari dunia sosial.
Dalam dunia desain,  desain sosial kadang-kadang didefinisikan sebagai suatu proses desain yang memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan kehidupan.
Titik awal lain untuk menguraikan desain sosial adalah pemikiran strategis desain. Membuat kebijakan dan menerapkannya pada tingkat sipil. Dua kutub tradisi dan ekonomi pasar bisa dalam salah satu model untuk desain sosial, ditempatkan dalam interaksi, bukan dalam kompetisi, dengan satu sama lain. Seorang penulis yang harus disebutkan di sini adalah Jacque Fresco dan Proyek Venus nya. Dia mengusulkan bahwa masa depan sistem sosial perlu dirancang dengan metode ilmiah. Desain sosial kemudian dapat dilihat sebagai proses yang mengarah pada kemampuan manusia yang pada gilirannya memberikan kontribusi untuk kesejahteraan mereka.
Dimensi lain dari desain sosial berfokus pada merancang sistem yang bergabung dengan unsur-unsur komunikasi, pengembangan produk baru dan lingkungan. Dikatakan bahwa tidak ada daerah tunggal desain dengan sendirinya yang cukup untuk mendorong pembangunan sosial yang berkelanjutan.

Apa aspek-aspek sosial dari desain agen dan pengembangan ?
Agen perangkat lunak berbasis web yang ditandai dengan antarmuka Web untuk interaksi pengguna dan kode mandiri untuk mengumpulkan , mensintesis , dan membuat informasi nilai tambah untuk digunakan manusia . Mereka agen perangkat lunak berbasis web yang paling banyak digunakan adalah Google , eBay , dan Shopping.com . Mereka membantu dalam mencari , berpartisipasi dalam lelang online , dan perbandingan belanja masing-masing.
Sebuah desain agen yang baik seharusnya tidak hanya meminimalkan upaya pengguna tetapi juga memanfaatkan struktur Web yang ada dengan built -in upaya pengguna . Untuk penyedia layanan , garis bawah untuk desain agen adalah profitabilitas penyedia . Seperti dijelaskan oleh invisible hand Adam Smith 200 tahun yang lalu , perilaku agen perangkat lunak dan jalur evolusi mereka dipengaruhi oleh tangan tak terlihat dari pasar Web . Hal ini menjadi aspek sosial kedua. berikut ada penjelasan lebih lanjut dan pemberian contoh untuk menggambarkan pengaruh .

1.     Pengaruh dari teman sebaya
Emulation telah menjadi salah satu tema dominan industri komputer sejak usia baru lahir . Apakah itu adalah perangkat keras atau perangkat lunak , fitur populer telah dengan cepat dipelajari oleh rekan-rekan dan direplikasi dalam sistem rekan-rekan sendiri , bahkan dengan risiko tuntutan hukum.  Sebenarnya sejarah singkat komputasi personal telah sarat dengan tuntutan hukum tentang hak cipta desain atau "tampilan dan nuansa .

2.     Leverage usaha manusia dan motivasi
Hampir semua sukses agen berbasis Web pandai memanfaatkan usaha manusia dan motivasi dengan cara yang adaptif .
Fakta bahwa ketika kita mengetikkan kata "Apple " ke Google , respon pertama yang kita dapatkan adalah bukan buah yang kita makan tetapi Apple perusahaan memiliki implikasi yang mendalam untuk setiap desainer agen . Dengan menggunakan suara popularitas hyperlink , Google dapat memberikan hasil  yang paling populer bukan yang paling rasional . Dan , secara tidak sengaja , itulah yang kita harapkan dari agen mesin pencari . Algoritma Google PageRank adalah leverage pintar tambang emas usaha manusia yang luas namun sebagian besar belum dimanfaatkan .
Leverage pintar lain dari upaya manusia adalah teknologi kolaboratif filtering diimplementasikan di agen rekomendasi pada portal web populer seperti Amazon dan proyek-proyek seperti MovieLens ( http://www.movielens.org/login ) yang dibuat oleh GroupLens Penelitian di University of Minnesota.

3.     Mempertahankan dampak pukulan hukum
Putusan pengadilan memiliki dampak yang signifikan pada desain agen , dan hal ini berlaku dalam tahap baru lahirnya agen. Dengan demikian , penting bagi desainer agen untuk mempertimbangkan implikasi hukum potensi desain mereka .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar