Kamis, 26 Desember 2013

Unsur Desain Untuk Anak Kecil, Remaja, Orang Tua

Unsur Desain
Dalam pembuatan sebuah desain terdapat beberapa unsur yang perlu diperhatikan
1.      Garis (Line)                                                            
2.      Bentuk (Shape)
3.      Tekstur (texture)
4.      Runag (Space)
5.      Ukuran (Size)
6.      Warna (Color)
    
Desain untuk anak
Bicara tentang bagaimana unsur desain yang baik untuk anak,  menurut Drs. Hapidin, MPd., pada usia batita, anak memang harus dikenalkan pada bentuk dan warna. Pengenalan bentuk dan warna merupakan salah satu komitmen pendidikan yang dilontarkan oleh pakar pendidikan dari Jerman, John Hendrick Pestalozzi. Dia mengatakan, pembelajaran pada anak batita harus menekankan pada AVM, yaitu Auditory, Visual dan Memory.
karena pengenalan AVM sangat berpengaruh pada perkembangan intelektual anak. Hasil penelitian menunjukkan, pengetahuan yang kita miliki, 74 persennya diperoleh dari kemampuan visual, 12 persen dari pendengaran, dan sisanya dari sumber pengetahuan lain. Itulah mengapa, pengembangan auditori-visual (pendengaran-penglihatan), merupakan pintu gerbang untuk masuknya pengetahuan dan berkembangnya semua fungsi intelektual anak. Jadi sebaiknya pembuatan atau penentuan desain untuk anak lebih memperhatikan kepada unsur – unsur tersebut selain banyak disukai anak – anak unsur tersebut juga sangat berpengaruh dalam perkembangan kecerdasan anak.
    
Desain untuk remaja
Desain untuk kalangan remaja biasanya lebih fokus terhadap desain yang kombinasai warna tepat. Desain yg dinamis (warna dan bentuknya), simple dan menarik. Texture dan ukuran dalam unsur desain suatu benda sangat dipertimbangkan sesuai dengan selera masing - masing, dan biasanya disesuaikan juga dengan trend yang sedang berlaku.
     
Desain untuk orang tua
Desain untuk orang tua biasanya lebih simple dan tidak terlalu mengikuti trend yang ada, mereka menyesuaikan desain yang mereka inginkan sesuai dengan kebutuhan, warna ,texture dan bentuk mungkin tidak menjadi prioritas utama, tapi kebutuhan seperti ukuran ruang suatu unsur desainlah yang lebih diutamakan.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar