Kamis, 14 November 2013

Kaitan Font Dengan GUI

Graphical User Interface (GUI) adalah suatu sistem interface pada komputer yang memberikan atau memfasilitasi tampilan pilihan pada layar, yang biasanya berbentuk ikon (simbol gambar) atau menu (daftar karakter alfanumerik) sebagai sarana yang dapat digunakan pengguna untuk memberikan perintah.
Dengan perngertian diatas bisa kita ambil kalau gui adalah pengantar antara komputer dengan user, nah fungsi nya pengantar adalah membuat nyaman kita dengan memakai suatu program tersebut. Salah satu nya berkaitan dengan font , kali ini saya akan membahas kaitan sebuah font dengan GUI.

nah lalu kaitannya dengan Font itu seperti apa? nih langsung saya jelaskan.

1. Sesuai Dengan Tema
      apabila GUI yang dipakai bertema seperti digital atau sesuatu yang berbau teknologi tinggi maka pemilihan fontnya adalah font yang berbau modern dan berbentuk seperti tulisan berteknologi.


2. Sesuai Dengan Platform
     saya ambil contoh antara tampilan facebook, apabila tampilan facebook tidak sama apabila diakses melalui android, blackberry, symbian, atau web browser biasa.
itu membuktikan bahwa berbeda platform maka pemilihan font juga menyesuaikan dengan platformnya masing masing.


3. Sesuai Dengan Penataan
        biasanya font yang dipilih untuk penulisan header, judul, footnote (catatan kaki) akan berbeda beda, apabila header biasanya agak mirip dengan judul namun judul biasanya lebih di kreasikan lagi agar lebih menarik, lalu apabila footnote biasanya fontnya akan terlihat lebih kecil ukurannya.

source : 
http://djuneardy.blogspot.com/2013/11/kaitan-sebuah-font-dengan-grafik.html
http://zumzeros.blogspot.com/2013/11/kaitan-sebuah-font-dengan-gui.html
http://ukradio.info/GT-XDR/interface1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar